Penyebab Penyakit Darah Tinggi (Hipertensi)

Penyebab Penyakit Darah Tinggi (Hipertensi)

Penyebab Penyakit Darah Tinggi (Hipertensi) Yang Jarang Diketahui - Penyakit darah tinggi atau hipertensi jangan dianggap remeh karena pada penyakit jenis ini dapat memicu munculnya berbagai penyakit lainnya.Penyakit darah tinggi atau hipertensi ini dapat dialami oleh siapa saja.

Penderita penyakit darah tinggi tidak harus orang yang gemuk loh,mentang-mentang gemuk terus darahnya banyak,maka di vonis darah tinggi,tidak begitu.Terkadang yang kurus pun mengalaminya, dan persentase orang yang mengalami penyakit darah tinggi antara para penderita yang kurus dan gemuk hampir sama.

Tekanan darah tinggi atau hipertensi merupakan suatu keadaan dimana seseorang mengalami peningkatan tekanan darah di atas normal yang ditunjukkan oleh angka sistolik (bagian atas) dan angka bawah (diastolik) pada pemeriksaan tensi darah menggunakan alat pengukur tekanan darah.

Penyakit darah tinggi ini biasanya muncul karena mengkonsumsi makanan yang bisa memicu tekanan darah,selain itu gaya hidup dan aktifitas fisik yang kurang teratur atau bahkan terlalu lelah karena beraktifitas juga bisa menjadi faktor penyebab darah tinggi.

Baca juga : Cara mengobati sakit gigi dengan obat alami

Tekanan darah yang terlalu tinggi dapat membuat pecahnya pembuluh darah ke otak, hal ini lah yang menjadikan seseorang mengalami stroke.

Penyebab Penyakit Darah Tinggi(Hipertensi) Yang Jarang Diketahui

Pada dasarnya penyebab dari penyakit darah tinggi ini sangat lah banyak dan beragam yang sering ditemukan di berbagai media informasi kesehatan lainnya, namun kali  ini saya akan memberikan informasi tentang penyebab penyakit darah tinggi yang mungkin anda belum mengetahuinya,
berikut :

1.Makanan berSodium tinggi (Garam)

Hindari makanan olahan yang banyak mengandung sodium tinggi,karena sodium tinggi dapat menyebabkan penimbunan cairan dan memberikan tekanan ekstra pada pembuluh-pembuluh darah.

Sensitivitas terhadap garam. Sebagian orang memiliki darah yang sensitif terhadap asupan garam atau juga sodium. Sedikit saja mengonsumsi garam atau sodium, tekanan darah mereka akan meningkat dengan drastis.

Untuk itu apabila Anda salah satu dari orang yang sensitif terhadap garam, kurangilah asupan garam. Berhati-hatilah ketika menambahkan garam ke dalam makanan dan baca juga label makanan kemasan terlebih dahulu sebelum mengonsumsinya.

Beberapa orang memiliki sensitivitas tinggi terhadap natrium (garam), dan meningkatkan tekanan darah mereka jika mereka menggunakan garam. Mengurangi asupan natrium cenderung penyebab darah tinggi/ hipertensi.

2.Silent killer

Silent killer terjadi jika pembuluh darah kehilangan elastisitas dan jadi rentan cedera, jantung dipaksa bekerja lebih keras untuk memompa jumlah darah yang kaya oksigen dan nutrient ke seluruh tubuh. Konsultasi ke dokter merupakan langkah yang tepat untuk mendeteksi dini.

3. Kurang makanan berserat

Kekurangan makanan berserat dapat menjadi penyebab penyakit tekanan darah tinggi maka hendaknya perbanyak konsumsi makanan berserat dari dari air, jus segar, wortel, bit dan semangka.agar timbunan sampah dan toksin dapat dihilangkan dengan bantuan serat yang didapat dari makanan,maka hal itu akan mengurangi resiko tekanan darah tinggi.

4. Usia

Usia  merupakan faktor yang menyebabkan tekanan darah tinggi. Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan meningkatnya usia seseorang, maka tekanan darah juga akan ikut meningkat.

 Kita hanya bisa berusaha agar tekanan darah kita tidak melewati ambang batas normal. Anda dapat memilih untuk menjadi seseorang yang tidak membiarkan usia anda mempengaruhi kesehatan Anda.

5.Diet yang buruk

Diet boleh saja dilakukan asal dalam komposisi yang tepat. Diet yang buruk hanya akan menyebabkan tekanan darah menjadi tinggi.(berikut cara diet yang baik dan efektif )

6.Kegemukan(Obesitas)

Obesitas atau disebut juga kegemukan merupakan salah satu faktor penunjang meningkatnya tekanan darah. Orang yang mempunyai berat badan lebih diatas 30 persen dari berat idealnya lebih memiliki kemungkinan yang besar  menderita tekanan darah tinggi.

Sekilas tampaknya sulit menurunkan berat badan, namun jika Anda sadar betapa pentingnya mempunyai berat badan ideal, semuanya akan menjadi mudah.

 Untuk menurunkan berat badan anda bisa melakukan dengan membeli seluruh makanan seperti buah-buahan, kacang-kacangan, sayuran, biji-bijian, dan ikan atau daging, Anda dapat dengan mudah menurunkan berat badan, selain itu lakukan juga olahraga rutin.

7. Alkohol

Jangan Konsumsi alkohol berlebih, Minum terlalu banyak alkohol akan berdampak buruk bagi tubuh dan kesehatan anda. Untuk menjaga agar tekanan darah tetap normal, hindarilah alkohol sebisa mungkin.

Baca juga : Bahaya Minum Kopi berlebihan di Usia Muda

8. Genetika dan Sejarah 

Genetika dan Sejarah keluarga juga merupakan salah satu penyebab tekanan darah tinggi yang sulit untuk dihindari. Meskipun, penyebab inilah yang harus membuat Anda berjuang lebih keras untuk mengatasi tekanan darah tinggi.
Dengan mengambil kendali penuh atas kualitas hidup Anda sekarang, Anda dapat membuat masa depan yang lebih baik untuk diri sendiri di masa depan. Selain itu hindari juga Stress berlebih, karena stres juga berkonstribusi terhadap peningkatan tekanan darah anda.

9. Obat-obatan

Obat-obatan tertentu, seperti amfetamin (stimulan), pil diet/obat pelangsing, dan beberapa obat yang digunakan untuk gejala flu dan alergi seperti pseudoefedrin, cenderung menaikkan tekanan darah sehingga dikatakan sebagai faktor penyebab hipertensi.

Penyebab penyakit darah tinggi atau hipertensi mempunyai fakta unik, yaitu 90% nya merupakan kategori hipertensi primer atau hipertensi essensial yang sangat sulit di deteksi (fakta unik lainnya, di Amerika hanya 5% orang yang ditemukan menderita hipertensi primer itupun karena melakukan check-up untuk melamar pekerjaan). Hipertensi primer merupakan penyebab tekanan darah tinggi yang belum diketahui.Terdapat berbagai faktor risiko yang dapat berkontribusi penyebab darah tinggi. Faktor-faktor penyebab hipertensi ada yang tidak dapat diubah, namun ada   pula penyebab hipertensi yang dapat diubah

Nah, itulah beberapa Penyebab Penyakit Darah Tinggi(Hipertensi) Yang Jarang Diketahui  , untuk menghindari tekanan darah tinggi, mulailah pola hidup sehat dari sekarang, lakukan olahraga secara rutin, selain itu makan juga buah dan sayuran yang banyak mengandung serat, semisal sayuran yang berwarna hijau, pisang, dan wortel.

Konsumsi juga makanan yang banyak mengandung kalsium, magnesium dan kalium karena ketiga zat tersebut dapat membantu kita untuk menurunkan tekanan darah. Semoga bermanfaat..

Komentar

Postingan Populer